4 Cara Bisnis Online tanpa modal

Written by Anto

Bisnis online memang kedengarannya sudah bukan sebagai hal yang asing dalam kehidupan saat ini. Dengan internet yang sudah mumpuni sekarang pebisnis online semakin mudah dalam menjalankan usahanya untuk menghasilkan keuntungan dengan berbisnis melalui dunia maya namun hasil keuntungannya nyata. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan berjualan online. Untuk bisa melakukan jualan online ada yang memerlukan modal cukup besar, namun ada juga yang justru tidak memerlukan modal sama sekali selain modal gadget yang sudah dimiliki dan kuota internet saja. Jadi bagi kamu yang tidak memiliki cukup modalpun bisa menjalankan bisnis online asalkan punya niat dan tekat yang kuat untuk sukses melalui bisnis online.

Dikutip dari Liputan 6, ada 4 cara bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Berikut ulasannya

1. Sistem Pre Order

Saat ini, bisnis online sistem Pre Order telah banyak dijalankan oleh pebisnis online. Beberapa marketplace ternama yang ada di Indonesia juga telah menambahkan fitur jual barang dengan sistem Pre Order. Yang perlu kamu lakukan jika menjalankan bisnis online sistem pre order adalah mencari dan menjalin kerja sama dengan pihak penyalur atau pemilik barang yang ingin kamu jual secara online. Pastikan kamu menjalin kerja sama dengan penyalur atau pemilik barang yang bisa dipercaya serta bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada kamu jika ada orderan yang masuk.

2. Menjadi Dropshipper

Bisnis dropshipper adalah bisnis yang dijalankan dengan cara menjual barang milik orang lain yang barang tersebut sama sekali tidak kamu miliki dan tidak perlu kamu beli stok barangnya. Sebelum kamu menjalankan bisnis dropshipper, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari supplier barang yang ingin kamu promosikan. Kamu bisa mencari supplier barang di marketplace. Pastikan supplier tersebut memang melayani dropshipper. Pilih supplier yang memiliki reputasi baik. Untuk mengetahui repuasi supplier tersebut, kamu bisa melihat dalam kolom ulasan maupun dalam kolom diskusi produk.

Bisnis dropshipper bisa kamu lakukan dengan cara mempromosikan barang milik orang lain yang ingin kamu jual melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp atau melalui website dan blog pribadi. Pastikan calon pembeli berkomunikasi dengan kamu melalui media tersebut. Jika pembeli setuju untuk membeli barang yang kamu promosikan, mintalah pembayaran full termasuk biaya ongkos kirim yang harus ditanggung oleh pembeli. Setelah kamu menerima pembayaran dari pembeli, kamu harus segera order barang ke supplier di marketplace yang sudah bersedia menjalin kerja sama dengan kamu sebagai partner dropshipper. Saat memesan barang ke supplier yang melayani dropshipper, jangan lupa untuk menyebutkan identitas kamu, dan identitas pembeli barang beserta alamat lengkapnya, serta aktifkan tanda bahwa kamu memesan barang sebagai dropshipper. Dengan demikian maka pengiriman barang akan dilakukan langsung dari supplier kamu ke pembeli dengan mengatasnamakan pengiriman atas nama kamu.

 3. Jasa Titip atau Hand Carry

Jasa titip mungkin bagi sebagian orang dianggap hal yang kedengarannya agak aneh, namun belakangan memang banyak sekali yang mencoba menjalankan bisnis sistem ini. Saat kamu bepergian keluar kota atau berjalan-jalan ke Mal dan ada barang bagus, terlebih terpampang diskon yang lumayan, bermodalkan  kamera smartphone bisa kamu foto lalu promosikan melalui Instagram dengan menyertakan hastag #jasatitip maka pesanan dari follower kamu biasanya akan bermunculan. disinilah kami bisa memasang harga jasa titip. Mintalah orang yang memesan itu memberikan uang muka atau pembayaran penuh jika kamu tidak memiliki modal untuk membeli barang tersebut. 

Namun bisnis dengan cara seperti ini memiliki kekurangan yaitu kamu perlu bepergian ke luar rumah atau bahkan ke luar kota atau ke luar negeri. Tapi kalau memang itu sudah hobi kamu silahkan sambil menyelam minum susu, bisa coba jalankan bisnis ini dari pada jalan-jalan hanya menghabiskan biaya sekalian ambil peluang sebagai penyedia jasa titip.

4. Translator

Selain ketiga cara di atas, ada lagi cara bisnis online shop tanpa modal yang menggiurkan. Berbeda dengan tiga cara sebelumnya, cara yang ini menyediakan jasa untuk pelanggan. Seperti namanya, translator dalam bahasa Indonesia berarti penerjemah.

Artinya, Anda menyediakan jasa terjemahan bagi mereka yang membutuhkan. Sudah pasti Anda tidak membutuhkan modal sepeserpun, kecuali komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk menerjemahkan tulisan.

Terlebih lagi, di zaman globalisasi seperti saat ini, bahasa asing begitu penting agar bisa berkomunikasi dengan sesama. Namun, bisa juga untuk kepentingan pendidikan dan karier seperti terjemahan abstrak atau resume. Selain itu, Anda tidak perlu mengurus produk-produk berwujud karena hanya dengan mengetik saja, Anda akan segera mendapatkan keuntungan.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment