Analisis SWOT : Pengertian dan Penerapanya dalam Bisnis

Written by Yaya

SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities dan Threats. Jika kita telaah dari namanya analisi SWOT ini merupakan teknik Perencanaan strategi yang bertujuan untuk mengumpulkan riset mengenai kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities) dan juga ancaman (threats) suatu usaha, bisnis atau proyek tertentu bahkan bisa untuk menggali potensi diri. 

Manfaat Analisis SWOT 

Anlasisi SWOT merupakan senjata yang tepat untuk mengumpulkan 4 sudut pandang yang berbeda mengenai sesuatu yang ingin kita riset 

  • Srength, kita dapat memanfaatkan dan memaksimalkan sebuah keutungan, atau kita bisa tahu kekuatan misal Brand kita dibanding kompetitor
  • Weakness, selain kekuatan kita juga harus sadar dan paham apa kelemahan dari bisnis misalnya yang sedang kita bnagun. Cari tau kelemahan sebanyak mungkin dengan begitu, kita bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kelemahan tersebut 
  • Opportunities, mencari dan menciptakan peluang akan sangat membantu dalam keberhasilan sebuah bisnis, proyek atau lainya. Ketahui peluang yang bisa kita ambil dan manfaatkan untuk memperoleh keuntungan 
  • Threats, jangn lupa untuk memikirkan segala resiko ancaman yang bisa kita peroleh, dengan mengetahui berbagai ancaman yang mungkin terjadi, kita bisa mempersiapkan startegi untuk melewati dan menngkal ancaman tersebut

Keterlibatan 4 unsur diatas akan sangat membantu untuk mengumpulkan analisis yang kuat sehingga akan mem;ermudah anda dalam membangun sebuah bisnis maupun usaha atau hal lainya.

Contoh Analisis SWOT 

Saat ini Dika ingin memulai usaha Coffe Shop di daerah Bandung, kemudian DIka coba menggunakan analisis SWOT untuk riset mengenai bisnis yang akan ia mulai 

berikut pemetaanya menggunakan Analisis SWOT 

Strength
  • Kedai kopi lokasinya strategis dekat area kampus 
  • Tempat cukup luas terbagi 2 untuk indoor dan outdoor sehingga perokok tetap bisa menikmati kopi
  • Menggunakan perkelengkapan eco friendly untuk menekan jumlah sampah 
  • pemesanan secara virtual dan self service 
Weakness
  • Lokasi berdekatan dengan kampus sering kali macet, sehingga mempersulit akses menuju kedai 
  • bagi yang belum terbiasa self service mungkin sedikit repot untuk memesan 
  • belum menemukan sumber daya yang profesional 
  • pembukuan keuangan belum tersusun secara rapi 
Opportunities
  • Lingkungan kampus akan sangat cocok bagi mahasiswa untuk sekadar nongkrong atau mengerjakan tugas
  • keunikan self service menjadi peluang bagi kedai dengan satu-satunya kedai yang menerapkan self service 
Threats 
  • Banyak kompetitor kedai kopi diwilayah yang sama 
  • harga bahan baku yang naik turun tidak stabil 

Nah, diatas merupakan salah satu contoh penerapan analisis SWOT untuk memulai usaha coffe shop. dari kelemahan yang telah ditemukan kita bisa mencari solusinya. Misalkan dalam kasus diatas adalah masayarakat mungkin saat ini belum terbiasa self service menggunakan online service nah dari situ kita bisa cari solusi mungkin dnegan membuat video tutorial, atau mungkin ada petunjuk secara langsung ketika memesan 

Ketika anda telah selesai membuat analaisis SWOT, langkah selanjutnya adalah pengaplikasian analisis SWOT tersebut kedalam bisnis anda. 

artikel terkait lainya

5 Hal Penting dalam Membuat Rencana Bisnis 

6 Teknik Optimasi Email Pemasaran untuk Bisnis Kecil

Pengetahuan Dasar Sebelum Membangun Bisnis Event Oganizer

Mengenal Funnel Digital Marketing

The sky was cloudless and of a deep dark blue.

Yaya
SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

About the author

Yaya

SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

Leave a Comment