Cara Menghitung HPP Untuk Perusahaan Jasa

Written by Rendy

Perusahaan jasa adalah badan usaha yang siklus bisnisnya menjual berupa jasa bukan barang ataupun produk. katagori contoh perusahaan jasa adalah, Jasa akuntansi, konsultan, pengiriman paket, dan masih banyak lagi. Namun, apa yang membedakan perhitungan HPP perusahaan jasa dengan perusahaan dagang? istilah HPP atau COGS tidak dikenal dalam pelaporan keuangan perusahaan jasa. Dalam perusahaan jasa, perhitungan HPP lebih dikenal dengan istilah Cost of Revenue (COR).

Cara Menghitung Cost Of Revenue (COR)

Penggunaan cost of revenue dalam perusahaan jasa sudah merupakan hal yang biasa digunakan, pasalnya dalam perusahaan jasa tidak ada persedian barang dagangan. Adapun beberapa komponen yang dapat digolongkan termasuk cost of revenue atau hpp perusahaan jasa seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya ticket pesawat, biaya marketing/pemasaran, biaya-biaya lain penunjang produk jasa dipakai oleh konsumen.

Pengertian Harga Pokok Penjualan Perusahaan Jasa

Istilah HPP atau harga pokok penjualan mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, pengertian HPP atau harga pokok penjualan atau cost of good sold (COGS) adalah keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh barang dan jasa yang dijual kepada konsumen. Penggunaan istilah HPP biasanya sering kita temui pada akuntansi perusahaan dagang sedangkan dalam akuntansi perusahaan jasa tidak akan menemui istilah HPP tetapi diganti dengan istilah Cost of Revenue (COR). Hal tersebut menjadikan perbedaaan akuntansi perusahaan dagang dan jasa. Dalam tahapan menghitung HPP pada perusahan dagang, perusahaan jasa memiliki perbedaan istilah akan tetapi kesamaan makna antara Hpp dan cost of revenue, adapun pengertian cost of revenue (COR) dalam perusahaan jasa adalah total biaya yang harus dikeluarkan agar produk jasa dapat dipakai oleh konsumen.

Cara Menghitung Cost Of Revenue (COR)

Penggunaan cost of revenue dalam perusahaan jasa sudah merupakan hal yang lumrah digunakan, pasalnya dalam perusahaan jasa tidak ada persedian barang atau stock barang dagangan. Adapun beberapa komponen yang dapat digolongkan termasuk cost of revenue atau hpp perusahaan jasa seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya ticket pesawat, biaya marketing/pemasaran, biaya-biaya lain penunjang produk jasa dipakai oleh konsumen.

Berikut contoh perhitungan hpp perusahaan jasa atau cost of revenue, diantaranya:

Saat ini Anda sedang menjalankan bisnis jasa pengiriman paket ekspedisi express antar kota, dengan omset bisa mencapai Rp. 5.000.000 per hari dalam pelaksanaanya Anda memiliki 4 orang karyawan dengan bayaran langsung Rp. 100.000 per hari dengan jam kerja + 8 jam dalam sehari. Selain itu Anda memiliki 2 orang kurir untuk mengantarkan paket pada tujuan, biasanya biaya transport sehari bisa menghabiskan + Rp. 30.000 per hari untuk per 1 kurir. Dalam mempromosikan bisnis ekspedisi Anda Anda harus membayar harian 4 orang marketing dengan bayaran Rp. 130.000 per hari. Hitunglah Hpp perusahaan jasa bisnis ekspedisi Anda?

Omset Ekspedisi (8 jam kerja dalam 1 hari) = Rp. 5.000.000/8= Rp. 625.000/jam.

BTKL (Biaya Kerja Tak Langsung) (Rp. 100.000 x 6 pegawai) = Rp. 600.000/8 = Rp. 75.000/jam

Transport (Rp. 30.000 x 2 pegawai) = Rp. 60.000/8 = Rp. 7.500/jam

Biaya Marketing (Rp. 130.000 x 4 pegawai) = Rp. 520.000/8 = Rp. 65.000/jam

Total HPP/COR = Rp. 75.000 + Rp. 7.500 + Rp. 65.000 = Rp. 147.500/jam.

Total Laba Kotor = Rp. 625.000 – Rp. 147.500 = Rp. 477.500/jam x 8 Jam = Rp. 3.820.000/Hari

Seperti itulah penjelesan mengenai cara menghitung menetapkan HPP perusahaan jasa dan cara menghitungnya.

Accurate Online bisa menjadi solusi instrumen untuk menghitung COR ataupun COGS bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi online yang memiliki banyak fitur-fitur pelaporan keuangan salah satunya menghitung COR/COGS dalam laporan laba rugi bisnis Anda dengan mudah. Untuk informasi lebih lengkap, sila cek di sini.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment