Strategi Pemasaran Produk dan Jasa yang Wajib Kamu Coba !

Written by Yaya

Pernah terbersit nggak gimana sih sebuah produk bisa terjun ke pasar atau bisa sampai kemasyarakat luas ? cara atau strategi seperti apa yang digunakan untuk menjangkaun target pasar ? nah, di artikel ini preneurs bakal bahas bagaimana startegi pemasaran sebuah produk atau jasa untuk bisa sampai pada tangan konsumen.

  1. Tentukan Target

Sebelum menyusun startegi pemasaran, hal yang pertama harus diperhatikan adalah target pasar. Target pasar disini harus sesuai dengan produk atau jasa yang akan dikembangkan. Target pasar ini bisa disusun berdasarkan riset geografi, umur, jenis kelamin, kelas sosial dan lain sebagainya.

Target yang semakin mengerucut akan lebih baik, sehingga strategi yang disusun akan tepat pada sasaran. Sebagai contoh jika anda bergerak dalam bisnis fashion pria maka anda dapat menagertkan jenis kelamin laki-laki dan usia yang bisa anda tentukan sesuai dengan fashion tersebut.

  1. Manfaatkan Social Media sebagai sarana pemasaran

Di industri 4.0 ini siapa yang tidak mengenal adanya social media ? social media telah mengambil peran penting bagi kehidupan kita sekarang ini. bisa dibilang social media adalah nafas kedua kita.

Segala informasi, layanan kini tersedia melalui social media. Banyak kita temui promosi melalui social media contohnya instagram. Instagram sendiri memiliki fistur instagram bisnis yang memudahkan konsumen dan prosuden untuk melakukan transaksi secara mudah.

baca juga Mengenal Funnel Digital Marketing

Dengan optimalisasi social media, perusahaan dapat berinteraksi dengan jaringan yang lebih luas tentu dengan biaya yang lebih murah dan visibilitas yang tinggi.

  1. Penawaran Produk Gratis ke Konsumen

Gratis merupakan salah satu kata mujarab dalam startegi marketing. Konsumen pasti senang jika mendapatkan produk secara gartis, Produk gratis disini bisa diakali dengan memberikan sampel sehingga tidak memakan cost terlalu besar.

Nah, jika produk anda berupa jasa, anda dapat memanfaatkan free trial untuk konsumen sehingga konsumen bisa menentukan dan menilai bagaimana jasa layanan anda membantu mereka.

  1. Memberikan reward untuk rekomendasi

Sebagai konsumen pasti kita akan lebih tertarik terhadap sesuatu yang sudah banyak dipakai dan dipercaya oleh banyak orang. Kwalitas sebuah barang atau jasa yang bagus pasti memiliki tempat tersendiri oleh penggunanya dan tak jarang mereka akan secara suka rela merekomendasikan  barang atau jasa tersebut ke orang lain.

Nah, hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen yang telah merekomendasikan produknya. Apresiasi dalam bentuk reward atau insentif ini akan mendatangkan banyak keuntungan salah stunya adalah timbulya citra positif perusahaan .

Penerapan startegi pemasaran yang tepat akan membantu produk atau jasa anda secara efektif sampai pada konsumen dan pasar. Selain menerapkan startegi pemasaran hal yang perlu perhatikan juga adalah pengelolaan keuangan yang mudah dan simple.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik anda dapat memtuskan strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produk anda selanjutnya.

telusuri artikel terkait 

Sebenarnya Apa yang Dikerjakan oleh Seorang Digital Marketer?

8 Strategi Digital Marketing Milenial

7 Hal Penting Yang Harus Dipelajari Sebelum Mendalami Bisnis Online atau Digital Marketing

Kunjungi channel youtube accuratepreneur.id untuk konten edukatif lainya

Yaya
SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

About the author

Yaya

SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

Leave a Comment