Tahun Baru ? Perencanaan Keuangan Juga harus Baru dong !

Written by Yaya

Tahun 2020 sudah dipenghujung hari, sebentar lagi kita akan memulai lembar baru di tahun yang baru. Banyak sekali hal yang tidak terduga yang terjadi di tahun ini. Banyak rencana yang mungkin gagal atau harus tertunda, untuk setiap naik turunya yang sudah kita lewati ditahun ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Perjuangan melawan COVID-19 yang terjadi di Indonesia kurang lebih sejak awal tahun 2020 hingga detik ini sangat berdampak dalam berbagai sektor, tak hanya kesehatan saja ekonomi dan keuangan juga terkena imbasnya.

Nah, berhubung ini adalah moment akhir tahun ada baiknya kita melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan di tahun 2020 sebagai kilas balik dan acuan dalam membuat perencanaan keuangan di tahun 2021

Menurut CEO Big Alpha Tirta Prayudha kita harus lebih sadar akan pentingnya dana darurat. Generasi milenial, belum pernah menghadapi krisis. Ketika terjadi krisis di tahun 1998, generasi milenial masih sangat kecil, sehingga belum benar-benar merasakan dampak krisis. Dikutip dari finance.detik.com

Jika kita menilik pernyataan diatas, sepertinya sangat penting sekali melakukan perencanaan keuangan, tidak harus dalam skala besar seperti perencanaan keuangan untuk bisnis maupun perusahaan namun harus kita mulai dari perencanaan keuang bagi diri kita sendiri. Setelah selesai dengan perencanaan keuangan personal barulah kita menyusun perencanaan keuangan perusahaan maupun bisnis.

baca juga  Tips Atur Keuangan Sebelum Pensiun

Perekonomian secara umum bergerak dalam suatu siklus yakni naik dan turun. Ketika kita melakukan perencanaan keuangan dengan baik ketika ekonomi kita sedang turun atau dalam kode krisis ekonomi, kita sangat siap menghadapinya.

Dari tadi kita sudah panjang lebar kenapa penting bagi kita untuk melakukan perencanaan keuangan, nah berikut hal yang perlu anda ketahui untuk membuat rencana keuangan.

  1. Tujuan dari Pembuatan Perencanaan Keuangan

Pada tahap ini kalian wajib mengetaui dasar atau tujuan dari pembuatan perencanaan keuangan itu sendiri. Secara umum tujuan perencanaan keuangan terbagi menjadi dua, yakni tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek.

Tentukan dulu perencanaan keuangan yang anda pilih, lebih baiknya jika prencanaan yang anda buat mencakup keduanya sehigga nantinya tidak kerja dua kali.

  1. Catat Seluruh Pengeluaran dan Pendapatan Bulanan

Catat pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan periode yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan anda. Setelah mengetahui kondisi keuangan anda bisa melakukan strategi perencanaan keuangan yang lebih baik.  

Pencatatan ini juga sangat bermanfaat untuk membantu mempermudah dalam membuat laporan keuangan, karena sering terjadi laporan keuangan tidak rapi karena ada beberapa catatan pendapatan dan pengeluaran tidak lengkap. Jika anda merapa cukup effort untuk melakukan pencatatan manual, sebaiknya anda manfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan software siap pakai.

  1. Rencanakan Dana Darurat

Prinsip hidup YOLO (you only live once) yang kebanyakan orang mengartikan kita hanya hidup sekali jadi lakukan apapun yang kam mau, termasuk membenarkan sikap konsumtif bagi yang kurang memahami konsep YOLO itu sendiri.

Dana darurat sangat penting sekali ,karena kita tidak pernah tau sewatu-waktu kita mengalami peristiwa yang membutuhkan kesigapan dana. Seperti yang belakangan marak mengenai Indonesia mulai mengalami resesi, nah dana darurat ini sangat dibutuhkan disaat-saat seperti itu

  1. Lakukan Monitoring

Melakukan pemantauan terhadap proses keuangan sangatlah penting untuk audit pencegahan fraud. Pengecekan ini bisa dilakukan dalam periode tertentu misalkan setiap satu minggu, satu bulan atau setiap tiga bulan sekali.

Dalam menyusun perencanaan keuangan pastikan anda telah memenuhi rambu-rambu diatas sebagai acuan sederhana, namun anda juga bisa sesuaikan dengan gaya anda masing-masing.

Yaya
SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

About the author

Yaya

SITI NURHAYATI S.I.Kom
Journalism
Master of Ceremony

Leave a Comment